Rabu, 29 Juni 2016

Cara Instalasi Driver Arduino IDE di windows

Cara Mudah Instalasi Driver Arduino IDE Di Windows




Cara Mudah Instalasi Driver Arduino IDE Di Windows

Download IDE Arduino

IDE adalah software yang telah disiapkan oleh arduino bagi para perancang untuk melakukan berbagai proses yang berkaitan dengan pemrograman arduino. Software ini tersedia secara gratis dan bisa didapatkan secara langsung pada halaman resmi arduino. IDE ini juga sudah mendukung berbagai sistem operasi populer saat ini seperti Windows, Mac, dan Linux. Tutorial instalasi IDE arduino ini menggunakan perangkat dengan sistem operasi windows, lebih tepatnya adalah windows 7 x64 (64 bit). 

Untuk mendapatkan software IDE arduino bisa langsung mengunjungi halaman download disini, akan terlihat halaman seperti dibawah ini. Pilih “Windows Zip file for non admin install” (untuk pengguna windows) atau bisa disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. (Lihat juga: Apa Itu Arduino)





Info: ini adalah screenshot download software  IDE
Selanjutnya anda akan dibawa pada link download software IDE sesuai dengan jenis sistem operasi yang dipilih. Untuk mulai men-download, klik "Just Download". "Save file" dan pilih folder penyimpanan.
filenya arduino-1.6.9-windows.zip berukuran 150 MB. 


Instalasi IDE Arduino pada perangkat Windows

Karena file yang di Download format zip, extrak file zip tersebut. Program tidak membutuhkan proses instalasi untuk dapat digunakan, dengan kata lain, Ini merupakan file IDE arduino yang bersifat portable.





Proses ini akan menghasilkan folder baru dengan nama arduino-1.6.9 pada directory penyimpanan yang dipilih.


Selanjutnya buka folder arduino-16.6.9, akan muncul beberapa file dan folder seperti gambar dibawah, double klik pada file dengan nama arduino untuk membuka IDE arduino.



Untuk lebih lebih mudah membuka Software IDE, buat pintasan di desktop
dengan cara klik kanan file arduino lalu pilih Send to dan pilih Desktop (create shortcut)
sekarang anda bisa mengakses shortcut melalui desktop

Instalasi USB Driver Arduino

1. Hubungkan sistem minimun Arduino Uno ke komputer dengan kabel USB type B (kabel Printer).
kabel
2. Lalu pada bagian kanan didesktop PC anda, akan muncul popup “Installing device driver software” seperti pada gambar dibawah ini.
Image
3. SIstem operasi Windows tidak menyediakan driver untuk Arduino Uno seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, lalu proses instalasinya harus dilakukan secara manual.
Image
4. Buka Device Manager, caranya pada bagian Search Program and Files lalu ketikkan “device manager” (tanpa tanda petik), perhatikan gambar dibawah ini. Pada bagian COntrol Panel akan muncul Device Manager, klik untuk menjalankan.
Image
5. Cari Unknown device pada bagian Other device, biasanya terdapat tanda seru berwarna kuning, itu disebabkan karena penginstallan tidak berjalan dengan sempurna.
Image
6. Klik kanan pada “Unknown device” kemudian pilih Update Driver Software.
Image
7. Pilih Browse my computer for driver software.
Image
8. Arahkan lokasi folder ke folder ..\arduino-1.0.5\drivers. Pastikan check-box lalu centang include subfolders. Klik Next untuk melanjutkan instalasi driver.
Image
9. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Install pada tampilan Windows Security.
Image
10. Jika instalasi driver berhasil maka akan muncul Windows has successfully updated your driver software.
Image
11. Perhatikan dan ingat nama COM Arduino Uno, karena nama COM ini yang akan digunakan untuk meng-upload program nantinya.
Image

sekian dari artikel Cara Instalasi Driver Arduino IDE di windows
Anda bisa membeli Arduino dengan harga murah disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar